Sabtu, 26 Maret 2011

Jalan Desa Rusak Parah


BLANGPIDIE - Belasan jalan desa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih dalam kondisi kupak-kapik dan sulit dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Kondisi ini tampak di beberapa desa di kecamatan Kuala Batee dan Kecamatan Manggeng. Pantauan Serambi, sejak beberapa hari belakangan kondisi jalan yang menghubungkan antara desa satu ke desa lain di Kecamatan Kuala Batee dan Kecamatan Manggeng memprihatinkan. Bahkan di sebagian jalan desa hingga kini belum sekalipun tersentuh aspal.



Jalan Desa Lhok Gajah, Kecamatan Kuala Batee yang menghubungkan tiga desa yaitu Muka Blang, Lhueng Geulumpang, dan Desa Padang Sikabu sudah dua tahun kupak-kapik. Jalan tersebut sudah sangat sulit dilawati kendaraan roda dua dan roda empat. “Usulan perbaikan badan jalan ini sudah beberapa kali disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) namun belum terealisasi. Kita harap pada tahun ini Pemkab Abdya memplot dana untuk membangunan badan jalan ini,” ujar Muhammad warga Desa Muka Blang, melalui Serambi, Kamis kemarin.

Dikatakan, akibat kondisi jalan yang semakin hari semakin terkelupas menyebabkan warga yang bepergian pada malam hari terperosok dalam selokan di pinggir jalan. “Jika pulang tengah malam, pengendara harus ekstra hati-hati, sebab kerikil dibadan jalan sering menyeret pengendara kedalam parit,” katanya.

Dia bersama warga lain berharap Pemkab setempat bisa segera memprioritaskan pembangunan jalan dimaksud pada tahun ini. Sebab, jika kondisi itu terus dibiarkan, akan menghambat arus tranfortasi masyarakat di wilayah itu. Sementara itu berdasarkan informasi yang diterima Serambi dari pihak Bina Marga Dinas Prasarana Umum (PU) Abdya beberapa hari lalu menyebutkan, pembangunan jalan sudah diprogramkan dalam anggaran tahun 2010 serta ditargetkan pada tahun ini sudah mulai dibangun.(tz)

0 komentar:

Posting Komentar